Media coverage

Each year, CIFOR’s research and scientists are mentioned in over 1,500 news stories by local and international media outlets worldwide. Find the latest here, with over a decade of archives.


Kemitraan Pengusaha Kayu dan Petani Farm Forestry di Australia: Buah Pendidikan Lingkungan yang Panjang

Tulisan adalah laporan dari staff Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sumbawa yang mengikuti program Kemitraan Kehutanan pemerintah Australia, diwakili oleh ACIAR dan pemerintah Indonesia Bagian Timur. Kegiatan kolaboratif ini dilaksanakan oleh Universitas Charles Stuart Australia, Departemen Kehutanan RI, WWF dan CIFOR.

      Farm forestry (lahan pertanian, kehutanan dan pertanian) di Australia telah terpetakan dengan baik dengan sistim GIS. Metoda ini memudahkan masyarakat untuk membuat posisi tanah menjadi jelas karena adanya titik koordinat. Luas kepemilikannya juga luas, antara 70-100 ha. Dalam satu hamparan farm forestry di satu keluarga, tata letaknya menunjukkan adanya perencanaan yang matang dengan diketahuinya indikator lingkungan yang diketahui oleh semua keluarga. Farm forestry di Australia juga berhasil membentuk pola kemitraan antara petani dengan pengusaha kayu.
Read more on Suara Sumbawa,