Profil Desa Penelitian: Penghidupan Berkelanjutan Bebas Polusi Asap

Profil Desa Penelitian: Penghidupan Berkelanjutan Bebas Polusi Asap

Indonesia memiliki sekitar 27 juta ha ekosistem gambut yang tersebar di berbagai wilayah, khususnya Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Ekosistem gambut di Indonesia sedang terancam karena aktivitas pembangunan ekonomi yang cenderung mengubah keseimbangan lingkungan dan telah menimbulkan dampak kerusakan lingkungan, khususnya kebakaran lahan dan polusi asap. Persaingan kepentingan antara pengembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan sering menyebabkan ekosistem gambut terkorbankan.

Upaya restorasi dan perlindungan lahan gambut dengan tetap menjaga kepentingan sumber penghidupan masyarakat yang tinggal di wilayah gambut sedang giat dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dibantu berbagai lembaga donor dan masyarakat. Dengan didukung International Fund for Agricultural Development, CIFOR bekerja sama dengan mitra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Universitas Lancang Kuning Riau telah melakukan kajian data dasar untuk mengumpulkan informasi dalam rangka pengembangan penghidupan masyarakat yang bebas polusi asap. Informasi dikumpulkan melalui kegiatan diskusi kelompok terfokus, wawancara tokoh kunci, dan survei rumah tangga di sembilan desa penelitian di wilayah Provinsi Riau. Kesembilan desa tersebut adalah Teluk Meranti, Mak Teduh, Bukit Lembah Subur, Redang, Sialang Dua Dahan, Tanjung Sari, Bayas Jaya, Simpang Gaung, dan Teluk Kabung.

Hasil kegiatan tersebut dituangkan di dalam buku Profil Desa Penelitian ini. Buku ini memuat informasi yang komprehensif tentang profil sembilan desa ekosistem gambut di Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Uraian profil desa meliputi lokasi dan aksesibilitas desa, potensi desa, permasalahan pembangunan, dan prospek pengembangan desa. Buku ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pemerintah, lembaga donor, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, dan praktisi lainnya dalam merancang kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan dan pelestarian lingkungan.

Authors: Rohadi, D.; Herawati, T.; Rahmat, M.; Winarno, B.; Suwarno, E.

Topic: peatlands, livelihoods, conservation, household income

Geographic: Indonesia

Pages: 118p

Publisher: FORDA Press and Center for International Forestry Research (CIFOR), Bogor, Indonesia

Publication Year: 2018

ISBN: 978-602-6961-30-3


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Option:

Export Citation

Related viewing

Top