Panduan Praktis Penerapan Kebijakan Perhutanan Sosial: Kerangka Pencepatan Reformasi Tenurial Hutan | Center for International Forestry Research

Panduan Praktis Penerapan Kebijakan Perhutanan Sosial: Kerangka Pencepatan Reformasi Tenurial Hutan

Panduan Praktis Penerapan Kebijakan Perhutanan Sosial: Kerangka Pencepatan Reformasi Tenurial Hutan

Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR) memprakarsai proyek GCS-Tenure di Indonesia, Uganda, dan Peru melakukan kegiatan penelitian tentang “Peningkatan Kepastian Hak Tenurial untuk Masyarakat sekitar Hutan: Studi Banding Global untuk Merancang dan Melaksanakan Reformasi Tenurial.” Di Indonesia, lokasi penelitian dilakukan di Provinsi Lampung, Maluku, dan Kalimantan. Penelitian ini menjawab bagaimana pelaksanaan reformasi tenurial hutan di negara berkembang dapat meningkatkan secara efektif kepastian hak masyarakat atas sumber daya hutan.

Buku Panduan Praktis Penerapan Kebijakan Perhutanan Sosial dalam Kerangka Pencepatan Reformasi Tenurial Hutan, dibuat tidak hanya untuk membantu masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan yang ingin mendapatkan pengakuan hukum atas hutan yang dikelolanya, tetapi juga bisa menjadi bacaan bagi pejabat pemerintah dan para pendamping masyarakat yang mengurus perhutanan sosial. Buku panduan ini dilengkapi ilustrasi tahap-tahap permohonan skema-skema perhutanan sosial yaitu hutan desa (HD), hutan kemasyarakatan (HKm), hutan tanaman rakyat (HTR), kemitraan kehutanan (KK), dan juga hutan adat (HA). Selain itu, buku ini juga memuat informasi tentang pengakuan masyarakat hukum adat (PMHA) pasca MK ’35 untuk menjadi bahan referensi.

Authors: Firdaus, A.Y.

Topic: tenure, policy, community forestry

Geographic: Indonesia

Publisher: Center for International Forestry Research (CIFOR), Bogor, Indonesia

Publication Year: 2018

ISBN: 978-602-387-075-2

DOI: 10.17528/cifor/006856


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Altmetric score:

Download Option:

Export Citation

Related viewing

Top