Laporan Tahunan 2020: Membangun Masa Depan Lebih Baik

Export citation

Menjalani 2020 – setahun yang sama sekali berbeda – CIFOR-ICRAF secara konsisten menghasilkan ilmu pengetahuan terbaik dunia terkait kehutanan dan pepohonan di bentang alam pertanian, dengan mentransformasi dialog secara daring saat pandemi COVID-19 melanda.

Laporan tahunan ini menghadirkan cerita mengenai kepakaran, dedikasi dan ketekunan. Ketika sebagian pihak merespons pandemi dengan seruan untuk melarang daging satwa liar, para pakar CIFOR-ICRAF menyajikan bukti ilmiah terbaru yang sangat relevan, mengenai kebutuhan nutrisi masyarakat yang bergantung pada daging satwa liar. Para ilmuwan kami juga menghasilkan temuan riset dalam menyempurnakan upaya pembibitan pohon dan restorasi di Ethiopia, wanatani di Asia Tenggara dan sebuah pemodelan baru pemanfaatan kayu bakar berkelanjutan di kamp pengungsian. Langkah maju tersebut hanya sebagian dari beberapa topik riset lain.

CIFOR-ICRAF juga terus memetakan jalan sebagai sebuah organisasi dengan strategi baru 10 tahunan dalam menghadirkan terobosan solusi bagi lima tantangan dunia: deforestasi dan kehilangan keanekaragaman hayati, krisis iklim, rantai pasok dan rantai nilai tidak berkelanjutan, kebutuhan mentransformasi sistem pangan dan ketidaksetaraan ekstrem yang dialami perempuan, masyarakat adat dan komunitas pedesaan yang rentan.

Tiga pendekatan holistik baru akan memberikan solusi aplikatif dalam berbagai tantangan tersebut: Platform Kemitraan Transformatif, Keterhubungan Bentang Alam dan Produk Unggulan. Sementara itu, Program Bentang Alam Berketahanan yang baru diluncurkan bertujuan untuk mendorong kekuatan sektor swasta untuk menarik investasi lebih besar dalam solusi berbasis alam.

Forum Bentang Alam Global (GLF) yang digelar sepenuhnya secara daring di bulan Juni dan tidak berhenti sampai di sini, memperlihatkan pertumbuhan digital yang belum pernah terjadi sebelumnya di tahun tersebut. Program Penelitian CGIAR mengenai Hutan, Pepohonan dan Wanatani (FTA) menandai konferensi ilmiahnya yang kesepuluh – juga secara daring –terus berlanjut menunjukkan kuatnya kemitraan.


Download:
    Publisher

    CIFOR-ICRAF

    Publication year

    2021

    Authors

    CIFOR-ICRAF

Related publications

Get the CIFOR latest news