Last updated April 2010 
 
Versi cetak | Sitemap

Beberapa Hasil dan Contoh Pengalaman

BOLIVIA

Masyarakat Luz de América cukup antusias berpartisipasi dalam survei ini

  • Masyarakat menyatakan bahwa mereka menyukai prosesnya. Secara khusus mereka mengemukakan bagaimana pembuatan sebuah peta mengenai keadaan di sekeliling mereka menyadarkan pada apa yang mereka miliki. Hal itu yang justru kurang mereka perhatikan sebelumnya.

  • Komunikasi dan kesepahaman antara pihak taman nasional dengan masyarakat dilaporkan telah terjalin dengan baik.
  • Secara keseluruhan, pemukiman dan lahan pertanian merupakan unit lahan yang paling penting. Disamping itu, dilihat dari tingkat kepentingannya, 'sumberdaya alam liar' (tumbuhan dan binatang) memiliki skor 65% sedangkan sumberdaya yang dihasilkan dari 'tumbuhan yang ditanam/binatang peliharaan' sebesar 35%.
  • Hutan tidak dinilai tinggi sebagai sumber makanan, tetapi memiliki skor tertinggi untuk bahan bangunan, bahan untuk dijual, kerajinan dan obat-obatan.
  • Satu hal yang menarik, hutan diberi nilai tinggi dan lebih penting untuk masa depan (45%) daripada untuk saat ini (25%).

Beberapa contoh hasil dari latihan PDM

Fig 1: Tanaman penting untuk bahan makanan

Fig 2: Produk penting yang bisa dipasarkan

Fig 3: Binatang penting yang jinak

Penjelasan lebih lengkap tentang metode penelitian dan hasil-hasil dari survei di Bolivia (dalam Bahasa Spanyol) dapat ditemukan di dalam laporan Luz de América: Comunidad y Biodiversidad Amazónica. Zapata, D.M.O., González, L.A., Larrea, J.F., González, B., Silva, E., Arellanos, A., Meo, S. and Jong, W. de (2003). CIFOR, Bogor, Indonesia.

Tim survei juga membuat VCD untuk pendidikan 'Luz de América: Comunidad y Biodiversidad Amazónica' , sebuah video berdurasi 30 menit dalam Bahasa Spanyol yang menggambarkan seluruh rangkaian kegiatan survei.

kembali ke atas