Last updated April 2010 
 
Versi cetak | Sitemap

Mozambik

Apa yang menentukan sesuatu menjadi penting bagi masyarakat lokal di lokasi manapun di dalam lanskap dimana mereka tinggal? Bagaimana hal itu dibandingkan dengan nilai-nilai konservasi? CIFOR meminta sebuah tim dari Tropical Resource Ecology Program (TREP) di University of Zimbabwe untuk menjawabnya. Taman Nasional Gorongosa (TNG) di Mozambik dipilih sebagai lokasi penelitian karena tim TREP telah bekerja bersama pihak berwenang disana dalam pelatihan perencanaan pengelolaan taman nasional.

Studi kasus ini telah memberikan kontribusi dalam proses perencanaan, dengan mengembangkan pemahaman mengenai apa yang masyarakat rasa penting untuk mereka dan dengan membantu menyampaikannya kepada pengelola taman nasional.

Meskipun tujuannya sama, TREP mengembangkan dan menggunakan sebuah pendekatan yang berbeda dari yang digunakan di Kalimantan. Pendekatan tersebut pertama kali mengembangkan sebuah model konseptual eksplisit secara spasial tentang bagaimana masyarakat menilai lanskap mereka, dan kemudian mengumpulkan informasi dari dua lokasi penelitian untuk menghadapkan model tersebut pada keadaan sebenarnya. Pada kegiatan yang bersamaan tim membuat peta yang menggambarkan nilai-nilai konservasi di dua tempat tersebut berdasarkan pengamatan vegetasi yang mendetail. Kegiatan ini tidak melibatkan peserta lokal.

Pendekatan yang dilakukan di Mozambik menyajikan sebuah studi kasus yang berlawanan sebagai pembanding untuk menambah pemahaman mengenai nilai lanskap. Lihat "hasil dan pengalaman". Model nilai lanskap yang dikembangkan oleh TREP ditampilkan dalam website Resilience Alliance.