Last updated April 2010 
 
Versi cetak | Sitemap

Bolivia

Sebuah uji coba pendekatan MLA telah dilakukan di Amazon Bolivia Utara, tepatnya di jantung ‘Reserva Nacional de Vida Silvestre Amazonica Manuripi'. Tempat ini adalah sebuah kawasan hutan tropis dengan pohon-pohon dari jenis karet (Hevea brasiliensis) dan Brazil nut (Bertholletia excelsa) yang melimpah. Perekonomian di daerah ini dulunya berbasis pada karet, tetapi produksi karet di Bolivia berhenti sama sekali pada tahun 1990-an, dan Brazil nut saat ini merupakan hasil hutan non-kayu (NTFP, non timber forest products) yang paling penting dengan nilai ekspor mencapai U$ 30 juta per tahun.

Konflik telah sering terjadi antara pihak pengelola kawasan dengan masyarakat di dalam atau di sekitar hutan, biasanya mengenai pemanfaatan sumber daya hutan.

CIFOR telah bekerja selama beberapa tahun pada skala luas dan ekonomi mikro hasil hutan di Amazon Bolivia Utara.

Beberapa pembangunan penting dan memiliki implikasi sangat besar bagi masyarakat yang tinggal di dalam kawasan saat ini meliputi Undang-undang Kehutanan yang baru, beberapa peraturan desentralisasi dan penyegaran kembali proses reformasi lahan. Peraturan-peraturan baru tersebut menyediakan sebuah dasar hukum untuk upaya partsisipasi aktif  masyarakat asli  sebagai pengguna lahan yang mempunyai otonomi sendiri.

MLA survei menyajikan sebuah awal yang baik untuk memahami bagaimana pandangan masyarakat  terhadap lahan dan sumberdaya alam di daerah tersebut serta untuk mengetahui apa yang penting bagi mereka. Jika sudah jelas, lebih mudah untuk menanyakan sebaik apa hal ini diarahkan, kemungkinan konflik dengan keadaan sekarang dan kecenderungan yang bisa terjadi.