Mengelola Lanskap Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Mengelola Lanskap Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Pesan kunci

  • Semakin banyak perusahaan swasta saat ini mengadopsi prinsip-prinsip keberlanjutan di dalam proses tata kelola perusahaan mereka dan berusaha untuk menerapkan praktik-praktik lingkungan dan sosial terbaik di dalam kegiatan mereka.
  • Peran sektor swasta dalam perubahan tata guna lahan dan deforestasi hutan mendapat sorotan belakangan ini ketika sejumlah perusahaan ritel, manufaktur, dan perdagangan terbesar dunia berkomitmen untuk menghapuskan deforestasi dari rantai pasokan mereka. Upaya-upaya ini dikukuhkan pada bulan September 2014 ketika sejumlah organisasi masyarakat sipil, perusahaan swasta dan pemerintah bersama-sama menandatangani Deklarasi New York tentang Hutan (New York Declaration on Forests).
  • Komitmen ini berpotensi memberi manfaat besar pada lingkungan hidup global, serta kehidupan jutaan masyarakat pedesaan. Namun cara implementasi komitmen inilah yang akan menentukan apakah manfaat lingkungan hidup dan sosial yang dikehendaki dapat sepenuhnya terwujud.
  • Program CIFOR/USAID Governing Oil Palm Landscapes for Sustainability (GOLS) akan mendukung implementasi komitmen tersebut secara efektif dan berkeadilan dengan membantu menyelaraskan kebijakan dan tindakan pemerintah dan swasta, dan dengan menyampaikan temuan penelitian kepada para pemangku kepentingan utama dan praktisi.

Authors: CIFOR; USAID

Topic: oil palms,palm oils,private sector,land use

Publisher: Center for International Forestry Research (CIFOR), Bogor, Indonesia

Publication Year: 2015


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Export Citation

Related viewing

Top